Wednesday 25 September 2013

Mencoba bertanya

ini salah satu tulisan saya di blog, tentang apa yang ada di pikiran saya. tentang sebuah perbedaan yang sudah tidak lagi asik bagi mereka, bukan untuk saya.

dalam blog ini, saya ingin mencoba bertanya tentang apa itu perbedaan. saya juga berusaha menjawab apa itu perbedaan. semoga sahabat-sahabat yang membacanya bisa faham perbedaan dalam versi saya.

manusia itu sudah ditakdirkan untuk hidup berbeda. saya dan kamu pasti akan berbeda itu untuk bisa membedakan mana saya dan mana kamu. lalu, bagaimana mungkin manusia bisa hidup dalam kemasan yang serba disamakan? akan terasa menjemukan bukan? akan terasa duia yang dijalani itu tanpa warna? bukan begitu?

dunia yang berbeda harus kita syukuri, manusia sudah menjadi fitrahnya berbeda. anak kembar saja berbeda. bagaimana kita yang diciptakan berbeda? di sini dalam kehidupan berdunia, manusia mencoba memahami apa itu perbedaan. memahami manusia yang sesungguhnya dalam fitrahnya.

kita tidak bisa egois memaksakan apa yang kita mau, bukankah dalam ber-PMII kita sudah mengenal aswaja? di sana untuk manusia yang ber-PMII akan mengerti apa itu manusia dengan fitrahnya masing-masing.

hidup itu indah, jika kita bisa saling mnghrgai perbedaan. gak usah kekeuh peteukeuh. lihat kondisi, jangan sampai menjatuhkan manusia-manusia yang lain. adanya perbedaan membukakan mata agar kita menghargai semua kerja keras dan jati diri manusia.

bagaimana cara memahami kehidupan ini? perbedaan yang membedakan manusia?
membaca? membaca apa?
membaca keadaan, membaca buku agar tidak terjemak pada pemikiran yag egois. tanpa melihat keadaan yang ada.

terkadang dalam tulisan di sini, saya selalu larut dengan emosi saya.
semoga dengan menulis saya bisa mengatur emosi saja.

salam.
Nurdiani Latifah

No comments:

Post a Comment